≡ Menu

Transplantasi Mata yang Dianggap Mustahil

transplantasi-mata

Transplantasi mata yang dianggap mustahil nyatanya dapat dijadikan sebagai harapan untuk menolong seseorang yang mengalami kebutaan. Seperti yang diketahui, pada dunia kedokteran di abad ke 21 ini, transplantasi organ-organ tubuh bukanlah sesuatu yang baru. Operasi cangkok ginjal untuk pertama kalinya dilakukan pada tahun 1950, diikuti dengan cangkok liver pertama di tahun 1963 dan jantung manusia pada 1967. Sementara itu pada tahun 2010, dokter bahkan melakukan transplantasi wajah manusia seutuhnya. Akan tetapi, terdapat satu organ yang belum dikuasai oleh dokter bedah, yaitu seluruh organ mata manusia. Sekarang ini, dikabarkan jika tim ilmuwan di Amerika Serikat tengah bersiap diri untuk melakukannya. Apabila berhasil, maka impian dari setiap orang yang mengalami kebutaan untuk melihat akan menjadi kenyataan yang tentu saja sangat membahagiakan.

Dr. Vijay Gorantla

Dr. Vijay Gorantla yang merupakan salah satu dokter bedah di Universitas Putssburgh menuturkan kepada agen bola terpercaya Indo Master Bola, sampai sekarang ini, transplantasi mata memang masih dianggap sebagai fiksi ilmiah. Banyak yang menilai bahwa itu merupakan hal yang mustahil, tidak mungkin, dan gila. Walaupun begitu, ilmu pengetahuan tentang transplantasi dan yang lebih penting, regenerasi saraf, menjadi bekal penting bagi para ahli untuk lebih percaya diri melakukan cangkok mata. Sebagai dokter, pihaknya tentu saja merasa lebih yakin bahwa ini adalah sesuatu yang bisa dilakukan.

Transplantasi seluruh organ mata itu akan memberikan manfaat bagi 180 juta orang yang buta atau mengalami gangguan penglihatan berat di seluruh dunia. Menurut Dr.Jeffrey Goldberg yang disampaikan kepada agen SBOBET, degenerasi makula dan glaukoma merupakan penyebab paling besar dari gangguan penglihatan yang dialami seseorang. Memang ada terapi yang bisa dilakukan untuk memperbaiki penglihatan akibat penyakit tersebut atau kebutaan karena cedera. Di samping itu, Goldberg juga mengatakan pada pada sebagian orang kerusakan mata memang dirasakan terlalu berat atau terlalu sulit untuk diperbaiki. Misalnya saja seperti pasian cedera mata yang saraf optiknya tidak tersisa, atau bahkan tidak mempunyai bola mata. Pada persoalan itu, maka cangkok dari donor mata yang sehat adalah solusi utamanya.